Sabtu, 06 Juli 2013

Analisis Sabun

Analisis Sabun

 
Sabun merupakan salah satu produk yang diperoleh dari minyak. Reaksi pembentukan sabun dari minyak dilakukan dengan mereaksikan suatu alkali (dalam percobaan ini digunakan NaOH) dengan minyak. Reaksi ini dikenal dengan reaksi saponifikasim(penyabunan). Disamping sebagai reaksi pembentukan sabun, reaksi ini dapat menunjukkan adanya asam lemak yang berbeda dalam suatu minyak.
Persamaan reaksi penyabunan secara umum sebagai berikut :
Dalam percobaan membuat sabun kali ini, akan dibuat dua buah sabun dengan bahan dasar yang berbeda, yaitu sabun minyak sawit dan sabun minyak kelapa.

Palm Oil (minyak kelapa sawit). Minyak kelapa sawit umumnya digunakan sebagai pengganti tallow. Minyak kelapa sawit dapat diperoleh dari pemasakan buah kelapa sawit. Minyak kelapa sawit berwarna jingga kemerahan karena adanya kandungan zat warna karotenoid sehingga jika akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun harus dipucatkan terlebih dahulu. Sabun yang terbuat dari 100% minyak kelapa sawit akan bersifat keras dan sulit berbusa. Maka dari itu, jika akan digunakan sebagai bahan baku pembuatan sabun, minyak kelapa sawit harus dicampur dengan bahan lainnya.
Seberat 10 gram minyak kelapa sawit ditambah dengan asam stearat 1 gram, campuran tersebut dipanaskan sampai asam stearat larut sempurna atau mencair dalam minyak kelapa sawit. Tujuan ditambahkannya asam stearat adalah untuk mengeraskan sabun dan menstabilkan busa. Larutan dipanaskan sampai suhu 70˚C, tetapi sebelum suhu mencapai 70˚C (kurang lebih 68-69˚C) larutan tersebut diangkat dari penangas, hal ini dilakukan agar suhu larutan tidak terus naik. Suhu yang terlalu panas akan mengoksidasi minyak sehingga warnanya kecoklatan. Larutan tersebut didinginkan sampai suhu mencapai 50˚C, kemudian ditambahkan larutan NaOH dan diaduk terus. Pada sabun dari minyak sawit, gumpalan yang dihasilkan banyak. Penambahan Larutan NaOH berfungsi sebagai penetralisir asam karena NaOH bersifat basa. Basa yang digunakan adalah NaOH agar diperoleh sabun yang padat, tetapi jika digunakan basa KOH maka yang diperoleh adalah sabun cair (lunak).  Sabun yang diperoleh dari logam Na atau K dengan asam lemak tinggi pada umumnya mudah larut dalam air panas. Hasil kelarutan ini memberikan larutan koloid yang berwarna putih susu. Sifat kelarutan ini akan berkurang apabila dalam air terdapat ion-ion logam yang mampu menghasilkan reaksi substitusi yang hasilnya adalah berupa endapan garam kalsium, sedangkan supernatannya merupakan cairan yang mempunyai sifat tidak menghasilkan busa pada pengocokan.
2 RCO2Na + Ca2+ à (RCOO)2Ca ↓ + 2 Na+
Setelah itu ditambahkan alcohol 12 gram tetes demi tetes dan gliserin 4 gram. Fungsi dari penambahan alcohol yaitu sebagai pelarut pada proses pembuatan sabun transparan karena sifatnya yang mudah larut dalam air dan lemak. Sedangkan gliserin merupakan humektan sehingga dapat berfungsi sebagai pelembap pada kulit. Larutan tersebut terus diaduk sampai berbentuk seperti bubur, barulah kemudian dipanaskan kembali dengan terus diaduk sampai larutan berubah menjadi jernih. Setelah campuran agak dingin, kemudian ditambah dengan minyak zaitun yang fungsinya sebagai pewangi pada sabun, dan selanjutnya dituangkan ke dalam cetakan sebelum campuran memadat. Pada sabun dari minyak sawit, pemadatan sabun memerlukan waktu yang relative singkat. Sabun yang dihasilkan berwarna kuning pekat.

Coconut Oil (minyak kelapa). Minyak kelapa merupakan minyak nabati yang sering digunakan dalam industri pembuatan sabun. Minyak kelapa berwarna kuning pucat dan diperoleh melalui ekstraksi daging buah yang dikeringkan (kopra). Minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak jenuh yang tinggi, terutama asam laurat, sehingga minyak kelapa tahan terhadap oksidasi yang menimbulkan bau tengik. Minyak kelapa juga memiliki kandungan asam lemak kaproat, kaprilat, dan kaprat.
Semua prosedur dalam pembuatan sabun dari minyak kelapa maupun minyak sawit adalah sama, perbedaan hanya terletak pada saat ditambahkan NaOH, gumpalan yang dihasilkan pada sabun minyak kelapa lebih sedikit. Selain itu, untuk menjadi fase padat, sabun dari minyak kelapa memerlukan waktu yang relative lama daripada sabun dari minyak sawit. Warna padatan sabun dari minyak kelapa lebih terang daripada sabun dari minyak sawit.

Sifat emulsi sabun
a.       Minyak kelapa
Pada pengujian emulsi sabun dilakukan dengan melarutkan sabun 0.2 gram dengan aquades 3 mL, larutan tersebut dicampur dengan minyak kelapa sebanyak 5 tetes kemudian dikocok. Pengocokan ini dilakukan agar menghasilkan emulsi. Kemudian didiamkan sampai lapisan air dan minyak terpisah. Setelah lebih dari 15 menit terjadi pemisahan lapisan antara lapisan air dan lapisan minyak. Berarti sabun yang dibuat itu mengalami emulsi yang sempurna. Sabun merupakan bahan surfaktan. Bahan ini dapat mengurangi tegangan permukaan larutan, sehingga dengan adanya proses ini pembentukan busa atau sifat emulsinya akan meningkat. Hal ini disebabkan oleh sifat struktur sabun yang mempunyai dua kutub yaitu kutub yang bersifat hidrofilik dan kutub yang bersifat hidrofobik. Dimana kutub hidrofilik akan menuju ke lapisan air, sedangkan kutub hidrofobik menuju ke lapisan udara. Dengan adanya sifat tersebut, maka cairan dalam air akan membentuk emulsi. Semakin lama waktu pemisahan air dengan minyak, maka emulsi dari sabun akan semakin baik.
Diujikan juga dengan mereaksikan akuades dengan minyak kelapa dan sabun, tetapi sabun yang dipakai bukan sabun dari minyak kelapa melainkan sabun dari minyak sawit. Hasilnya adalah diperlukan waktu lebih dari 15 menit untuk terjadi pemisahan antara air dan minyak. Waktu tersebut dapat menjelaskan emulsi yang dihasilkan adalah sempurna.
Sebagai pembanding dari pengujian emulsi sabun ini yaitu dengan cara mencampur aquades 3 mL dengan 5 tetes minyak kelapa dengan tanpa pemberian sabun pada larutan tersebut dan dikocok kuat- kuat agar bercampur homogen. Setelah didiamkan dan diamati, tarnyata membutuhkan waktu sekitar 30 detik  untuk terjadinya pemisahan antara lapisan air dengan lapisan minyak.


b.      Minyak kelapa sawit
Pengujian emulsi sabun pada sabun minyak sawit dengan minyak sawit dan akuades juga dibutuhkan waktu lebih dari 15 menit untuk terjadi pemisahan antara minyak dan air, hal tersebut menunjukkan emulsi yang dihasilkan adalah sempurna. Sedangkan pada pengujian minyak sawit dengan sabun dari minyak kelapa dan akuades diperlukan waktu yang relative sama untuk menghasilkan pemisahan antara air dan minyak, yaitu lebih dari 15 menit, yang berarti menghasilkan emulsi yang sempurna.
Pada pembandingnya, pengujian emulsi menggunakan minyak kelapa sawit ditambah dengan aquades, waktu yang dibutuhkan untuk memisahkan antara lapisan air dan lapisan minyak yaitu sekitar 20 detik.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.