Sabtu, 20 Juli 2013

DNA


DNA


DNA merupakan polimer linier (polinukleotida) yang tersusun dari subunit atau monomer nukleotida. Komponen penyusun nukleotida terdiri dari tiga jenis molekul, yaitu gula pentosa (deoksiribosa), basa nitrogen, dan gugus fosfat. Basa nitrogen terdiri dari basa purin [adenin (A) dan guanin (G)] dan basa pirimidin [cytosin (C) dan tymin (T)]. Jumlah adenosin sama dengan jumlah timin, sedangkan jumlah guanin sama dengan jumlah sitosin. Monomer nukleotida mempunyai gugus hidroksil pada posisi karbon 3’, gugus fosfat pada posisi karbon 5’ dan basa pada posisi karbon 1’ molekul gula.

Basa purin atau pirimidin yang berikatan dengan gugus gula disebut nukleosida, sedangkan nukleotida merupakan ester dari asam fosfaat dan nukleosida. Nukleotida satu dengan yang lainnya berikatan melalui ikatan fosfodiester antara gugus 5’fosfat dengan gugus 3’hidroksil yang akan menjadi tulang punggung DNA membentuk struktur asam nukleat.


Masing-masing basa purin dan pirimidin dihubungkan oleh ikatan hidrogen. Meskipun ikatan-ikatan hidrogen ini sangat lemah, namun setiap nukleotida mengandung begitu banyak basa sehingga rantai-rantai komplementernya tidak pernah terpisah secara spontan pada kondisi fisiologis. Akan tetapi, jika DNA terkena pengaruh suhu yang mendekati titik didih, maka banyak pasangan DNA yang putus sehingga heliks gandanya terbelah menjadi rantai-rantai komplementernya (denaturasi).


Guanin berikatan dengan Citosin dengan 3 ikatan hidrogen, dan Adenosin berikatan dengan Timin dengan 2 ikatan hidrogen. Ikatan hidrogen inilah yang mempengaruhi energi yang dibutuhkan untuk denaturasi, sehingga, pada saat desain primer untuk PCR , penentuan melting point dilihat dari komposisi G-C nya.

Referensi:
Brown, D. M., & A.R. Todd, 1952. Nucleoides, Part X Some Observations on Structure and Chemical Behavior of The Nucleic Acids, J. chem. Soc., pt.(1): 52-58.
Chargaff, 1951. Structure and Function of Nucleic Acids As Cell Constituent. Fed.proc., (10): 654-659
Watson, James D., & Crick, F.H.C., 1953. Molecular Structure of Nucleic Acids, Nature, (171): 737-738
GAFFAR,SHABARNI, 2007. BUKU AJAR BIOTEKNOLOGI MOLEKUL, FMIPA UNPAD

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.